Blog Saka Indonesia

Dapatkan informasi mengenai kesehatan alat-alat saka disini!

Instrumen Data Logger Suhu & Temperatur

Instrumen Data Logger Suhu & Temperatur

Instrumen Data Logger Suhu & Temperatur

Data logger merupakan sebuah alat elektronik yang berfungsi untuk mencatat data dari waktu ke waktu yang terintegrasi dengan sensor dan instrumen alat didalamnya. Alat pengukur suhu dan kelembaban seperti logger suhu ini dapat dengan mudah mengetahui history dari kelembaban melalui layar LCD. Anda dapat mengetahui angka arus atau suhu maksimal dan minimum yang didapat dari instrumen tersebut dan bisa langsung di simpan ke PC dengan mudah. Kondisi pengaturan data logger seperti sample rate, unit suhu dan nilai-nilai alarm diprogram melalui software yang disediakan secara khusus. Sehingga pengukuran logger suhu bisa di sesuaikan dengan kebutuhan dan kelembapan. Supaya suhu dan kelembaban suatu ruangan tetap stabil maka ruangan tersebut harus selalu dimonitoring atau dipantau. Oleh karena itu untuk lebih jelas tentang instrumen data logger yaitu sebagai berikut :

  • Data logger suhu dapat digunakan untuk memantau perubahan suhu dalam ruangan baik ruangan biasa maupun ruangan khusus dan dapat juga memantau suhu diluar ruangan. Dan juga data logger dapat digunakan juga untuk pengarsipan atau analisis. Data yang terkumpul dalam data logger akan berbentuk log atau grafik jika ditampilkan dalam aplikasi web atau aplikasi smartphone dan data ini dapat dipindahkan kedalam komputer / PC melalui perangkat jaringan seperti USB, Bluetooth Low Enegry (BLE), WiFi atau LAN.
  • Data logger suhu memonitor dan merekan suhu selama 24 jam penuh. Kemudian Data logger akan menyimpannya hasil monitoring dalam memory dan data ini dapat dilihat langsung jika dihubungkan dengan jaringan sehingga perubahan suhu yang direkam oleh data logger suhu dapat dipantau secara langsung.
  • Data logger suhu mempunyai display LCD dan dapat digunakan untuk melihat suhu secara langsung. Tentu saja, data logger suhu akan menampikan data berupa waktu, suhu dan kelembaban secara real-time. Data logger juga mempunyai ukuran yang kecil sehingga praktis dan dapat digunakan dimana saja serta data logger dilengkapi dengan baterai akaline yang dapat bertahan hingga satu tahun dengan logging interval selama satu menit.
  • Data logger suhu diaplikasikan dalam bidang industri dan bidang lainnya. Dalam bidang industri, data logger suhu digunakan untuk memantau suhu dalam ruangan khusus agar tidak mengganggu proses produksi sedangkan dalam bidang lainnya, data logger digunakan untuk analisis serta penjagaan suhu. Biasanya digunakan dalam bidang kesehatan, farmasi, makanan.
  • Cara kerja dari data logger suhu adalah sensor akan mendeteksi perubahan panas dingun suatu ruangan kemudian perubahan tersebut akan diubah menjadi sinyal listrik yang telah diukur secara otomatis. Setelah itu sinyal listrik akan dikirimkan ke mikroprosessor pada data logger untuk diolah menjadi data (dalam bentuk log).