Blog Saka Indonesia

Dapatkan informasi mengenai kesehatan alat-alat saka disini!

5 Jenis Alat Oven Laboratorium

5 Jenis Alat Oven Laboratorium

5 Jenis Alat Oven Laboratorium

Oven adalah suatu peralatan yang berfungsi untuk memanaskan ataupun mengeringkan. Biasanya digunakan untuk mengeringkan peralatan gelas laboratorium, zat-zat kimia maupun pelarut organik. Dapat pula digunakan untuk mengukur kadar air. Suhu oven lebih rendah dibandingkan dengan suhu tanur yaitu berkisar antara 105ºC. Tidak semua alat gelas dapat dikeringkan didalam oven, hanya alat gelas dengan spesifikasi tertentu saja yang dapat dikeringkan, yaitu alat gelas dengan ketelitian rendah. Sedangkan untuk alat gelas dengan ketelitian tinggi tidak dapat dikeringkan dengan oven. Dalam penggunaannya Oven Laboratorium relatif sangat mudah. Namun perlu anda ketahui fungsi dari beberapa tombol yang terdapat pada oven tersebut. Tombol POWER adalah tombol yang digunakan untuk menghidupkan ataupun mematikan oven. Selain itu terdapat tombol untuk menyalakan atau mematiakn kipas. Knop berwarna biru berfungsi untuk menaik turunkan kecepatan putaran kipas. Pada bagian depan oven terdapat 2 layar yang menunjukkan suhu. Layar PV menunjukkan suhu alat sedangkan layar SV menunjukkan suhu yang diinginkan. Tombol SET, UP (panah keatas) dan DOWN (panah kebawah) digunakan untuk mensetting suhu yang diinginkan. Dapat pula untuk mensetting waktu. Jika pintu oven dibuka, alat yang ingin dikeringkan dimasukkan kedalam oven dan pintu ditutup kembali. Setelah itu, tombol POWER ditekan, kipas dinyalakan dan kecepatan kipas juga diatur. Kemudian set suhu dengan menekan tombol SET. Layar SV akan menunjukkan suhu yang diinginkan. Tunggu hingga layar PV menunjukkan suhu yang hampir sama dengan layar SV. Lalu oven dimatikan dengan menekan tombol POWER.

Berdasarkan Fungsinya Oven Laboratorium Terdiri Atas 5 Jenis, yaitu :

  • Oven fungsi ganda, Jenis oven ini dapat digunakan sebagai inkubator (inkubator) atau sterilisasi (sterilizer) di laboratorium.  Kadang oven ini bahkan digunakan dengan berbagai kegunaan.  Banyak laboratorium menggunakan oven jenis ini karena harganya dan daya tahannya.
  • Oven digital standar, Jenis oven ini dikenal dengan tingkat akurasi, keamanan, dan kemudahan kontrolnya.  Oven ini dilengkapi dengan pengontrol dan kipas yang terpasang di dalamnya yang membuat oven menjadi tahan terhadap panas berlebih.
  • Oven pengering, Jenis oven ini juga dikenal sebagai oven ekstraksi kelembaban yang digunakan untuk pengeringan cepat.  Jenis oven ini berbeda dari kabinet pengeringan.
  • Oven tugas berat, Jenis oven ini terbuat dari stainless steel dan dilengkapi dengan rak (lapisan atau rak) yang mudah diatur.  Suhu oven jenis ini bisa mencapai suhu tinggi 250 – 300 derajat Celcius
  • Oven kotak panas, jenis oven ini memiliki daya tahan terjamin.  Bagian luar oven ini terbuat dari stainless steel.  Jenis oven ini dilengkapi dengan termostat pengaman dan sistem kontrol suhu.  Untuk oven yang tidak membutuhkan panas yang stabil dan suhu yang tepat, jenis oven ini sangat dianjurkan.